Harapan Presiden Jokowi Segera Eksekusi DIPA dan TKD Tahun 2024 Untuk Kepentingan Rakyat Jangan Beri Celah Korupsi


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melangsungkan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 kepada para menteri, pimpinan tinggi lembaga dan kepala daerah, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyerahan DIPA 2024 dan TKD TA 2024 dilakukan secara digital, tidak lagi dalam bentuk dokumen fisik. Penyerahan DIPA dan TKD tersebut sekaligus menjadi simbol dimulainya pelaksanaan APBN Tahun 2024.

 

Kerja keras APBN khususnya dalam kurun empat tahun belakangan ini terbukti mampu membawa Indonesia keluar dari berbagai tekanan, mulai dari pandemi Covid-19 hingga dinamika ekonomi dan geopolitik global. Dengan APBN yang responsif, momentum penguatan pemulihan ekonomi dapat terus terjaga. Ekonomi Indonesia tumbuh positif di level 5% selama 8 kuartal berturutan. Inflasi pun terjaga stabil sehingga daya beli masyarakat khususnya kelompok miskin dan rentan tetap terlindungi.

 

Di samping mendukung pemulihan ekonomi, APBN Tahun 2024 juga terus mendorong akselerasi transformasi ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. Hilirisasi dilakukan agar tercipta nilai tambah dalam perekonomian. Pembangunan infrastruktur pun masif dilakukan untuk mendorong investasi.

 
Tahun 2024 menjadi tahun krusial mengingat tahun tersebut adalah tahun terakhir bagi Kabinet Indonesia Maju. Sementara risiko ketidakpastian, geopolitik, dan perubahan iklim ke depan masih mengancam. Sebab itu, kerangka APBN Tahun 2024 disusun dengan optimis namun tetap penuh kewaspadaan terhadap potensi krisis dan resesi. Kinerja APBN 2024 menjadi tonggak penting untuk diestafetkan kepada pemerintahan selanjutnya, demi mencapai target Indonesia Maju 2045.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama