Perkuat Literasi Ekonomi Syariah di Kalangan Anak Muda, BSI Berikan Beasiswa Pendidikan




Melalui Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat, Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan beasiswa kepada siswa di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, salah satunya di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keuangan syariah.

Manager Pendidikan BSI Maslahat Aprilia Evianti menyatakan bahwa salah satu upaya untuk mencapai tujuan membangun dan memperkuat ekonomi syariah di kalangan anak-anak muda masa depan melalui penyediaan beasiswa pendidikan.

"Inilah yang membedakan dengan beasiswa lainnya, sebab kita ingin membangun ekonomi syariah untuk generasi," katanya.

Dengan hadirnya beasiswa BSI Maslahat, diharapkan agar Indonesia, sebagai salah satu negara mayoritas Muslim, dapat memimpin ekonomi syariah di dunia.

Hal itu dengan membangun pondasi ekonomi syariah yang dimulai dari mahasiswa atau anak muda.

Terkait hal ini, BSI Maslahat segan dalam pemberian beasiswa pendidikan.

Kuota penerima beasiswa terus bertambah setiap tahun sejak diluncurkan pada 2021.

Jumlah penerima beasiswa BSI Maslahat di Indonesia mencapai 500 orang pada tahun 2021 dengan 32 kampus.

Pada tahun berikutnya, jumlah penerima beasiswa meningkat seratus persen menjadi 1.000 orang dengan 72 kampus sasaran.

Pada tahun 2023, BSI Maslahat menambah kuota sebanyak sekitar 1.650 orang dengan 84 kampus.

Sejak 2021, BSI Maslahat telah bekerja sama dengan sejumlah institusi akademik di Sulsel, termasuk Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan Universitas Negeri Makassar.

Selain itu, institusi pendidikan ini memastikan bahwa 38 siswa dari Sulsel telah berpartisipasi dalam program beasiswa pendidikan.

"Kita butuh lokomotif dimana itu untuk bisa memotivasi dan menginspirasi masyarakat dalam penggunaan pola ekonomi syariah. Sebab dalam program ini, memang tidak menutup kemungkinan mereka yang dari terinspirasi juga bisa menginspirasi," ujarnya.

Karena itu, Aprilia mengatakan bahwa beasiswa ini terdiri dari beasiswa prestasi yang didanai oleh dana infak dan beasiswa inspirasi yang didanai oleh dana zakat.

"Dana zakat ini lumayan besar, ada sekitar 70 persen dari dari dana BSI Maslahat itu merupakan dana zakat. Kita harapkan, mereka yang saat ini menjadi salah satu asnaf, ke depan bisa menjadi muzakki," tandasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama