Tingkatkan dan Asah Kemampuan Naluri Tempur, Prajurit Lanal Sabang Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2


*Tingkatkan dan Asah Kemampuan Naluri Tempur, Prajurit Lanal Sabang Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P-1 dan P-2*

TNI AL, Sabang,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P-1 dan P-2 dengan tujuan mengasah kemampuan dan meningkatkan naluri tempur prajurit yang berlangsung di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (13/05/2024).

Uji Terampil Glagaspur dibuka oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., selaku Pimpinan Latihan (Pimlat). Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P-1 dan P-2 di Lanal Sabang berlangsung selama 2 (dua) hari 13 hingga 14 Mei 2024, denganTim Penguji Wadan Kolat Koarmada I Letkol Mar Dodik Eko Siswanto selaku Wakatim, beserta Tim Kolat Koarmada I.

Dalam sambutannya, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., menyampaikan bahwa pelaksanaan Glagaspur bertujuan untuk menguji ketangkasan, keterampilan dan profesionalisme prajurit khususnya prajurit Lanal Sabang dalam pelaksanaan kelancaran tugas pokok dan menjadikan prajurit yang profesional, tangguh, serta trengginas.

"Saya berharap Lanal Sabang dapat melaksanakan latihan ini sesuai rencana kegiatan yang telah ditetapkan, dan seluruh personel melaksanakan dengan baik dan serius serta semangat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kemanpuan dan profesionalisme prajurit," ujar Danlanal Sabang.

Sementara itu, Danpuslat Pasrat Kolat Koarmada I Letkol Mar Dodik Eko Siswanto, menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P-1 dan P-2 ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan prajurit baik perorangan maupun kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing bagian maupun beregu guna mengukur tingkat kesiapsiagaan, profesi, serta kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan TNI AL.

Adapun materi yang diujikan dalam kegiatan Uji Terampil Glagaspur Tingkat Pangkalan ini meliputi giat P-1 yakni Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnisun (PDG). Selain itu, juga dilaksanakan Uji Keterampilan Perorangan (Bongkar Pasang Senjata, Menembak, dan Renang Militer), dan Uji Keterampilan Kebaharian (Uji Tulis, Semaphore, Peluit, Tali Temali). Sedangkan giat P-2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran Kebakaran (PEK), Pengendalian Huru Hara (PHH), serta Evakuasi Medis.

(Pen Lanal Sabang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama