Lanal Bintan Sosialisasi Kepada Masyarakat Terkait Pembentukan Kelompok Nelayan Untuk Memberdayakan Kepiting Bakau




Fokus1news TNI AL, Bintan,- Lanal Bintan laksanakan kegiatan Binpotmar terkait “Pembentukan Kelompok Nelayan untuk Pemberdayaan Kepiting Bakau menggunakan media Apartemen,” bertempat di TPA Al-Taubah Seilepan, Bintan, Rabu (07/08/2024).

Wilayah mangrove memiliki potensi ekonomi tinggi yang dapat menunjang
kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, nelayan kepiting belum menikmati kesejahteraan karena konversi ekosistem mangrove mengurangi kuantitas tangkapan ikan, fasilitas penangkapan kurang memadai dan pemasaran hasil tangkapan tidak terdistribusi dengan baik. Pemecahan masalah dilakukan melalui survei dan pelatihan yang disertai dengan evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan mengungkapkan bahwa masyarakat nelayan perikanan kepiting telah memahami materi yang diberikan dan terbentuk Kelompok Usaha Bersama.

Menurut Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti bahwa potensi habitat mangrove yang memiliki potensi ekonomis tinggi belum dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan kepiting bakau. Faktor permodalan dan ketidakpahaman melakukan analisa usaha menjadi permasalahan bagi nelayan dalam menjalankan aktivitas usahanya meningkatkan pendapatannya.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., saat dikonfirmasi kegiatan tersebut mengatakan bahwa dengan melaksanakan pembinaan potensi maritim yang tidak hanya berorientasi kepada pendekatan kesejahteraan semata, tetapi juga melakukan upaya-upaya pendekatan kepada pemangku kepentingan yang memiliki sarana prasarana yang dapat diselaraskan tugas TNI Angkatan Laut.

(Pen Lanal Bintan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama