Jendela Negeri Ksatria Penjaga Selat Malaka

Fokus1news TNI AL, Dumai,- Dalam rangka memperingati Hari Maritim Tahun 2024, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel yang diwakili Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H., menjadi salah satu Narasumber pada kegiatan Wawancara Jendela Negeri oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI stasiun Riau, Jumat (6/9/2024).

Dunia mengakui bahwa Indonesia adalah sebagai negara Kepulauan Terbesar di dunia. Dengan luas wilayah laut kurang lebih 5,9 juta km² yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Berdasarkan UNCLOS 1982, Indonesia memiliki hak untuk membentuk dan menetapkan Alur Laut Kepulauan (ALKI) sebagai jalur lintas damai bagi kapal-kapal Asing untuk melintasi Perairan Laut Dalam Wilayah Indonesia. Hal tersebut disampaikan Palaksa pada kegiatan Wawancara yang dilaksanakan di Lobby Mako Lanal Dumai, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Dengan luas wilayah laut yang begitu lebar, Indonesia sangat membutuhkan petugas dan peraturan yang mampu mencegah serta menindak segala bentuk kejahatan dan pelanggaran hukum di laut.

"TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Dumai sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan negara yang memiliki wilayah kerja yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, memiliki tugas dan peran yang sangat vital dalam menjaga keamanan laut Indonesia di Selat Malaka," Pungkas Palaksa.

Lanal Dumai juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran Nasional terhadap pentingnya keamanan laut Indonesia, sebagai sumber kekuatan ekonomi dan pertahanan Negara.

(Pen Lanal Dumai)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama