Lanal Bandung Gelar Naval Base Open Day (NBOD) Dalam Rangka HUT Ke-79 TNI Angkatan Laut Tahun 2024

Fokus1news. TNI AL, Bandung,- Jelang HUT Ke-79 TNI AL Tahun 2024, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung menggelar Kegiatan NBOD (Naval Base Open Day) Aku Cinta Laut, Baksos, Pemecahan Rekor Muri Makan Siang Bergizi Menu Ikan Laut dan Telor Ayam, serta Penyerahan Paket Sembako Secara Serentak, bertempat di Lapangan Mess Kosasih Komplek Rumdis TNI AL Hiu Macan Lanal Bandung, Sabtu (07/09/2024).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka mengikatkan kesadaran seluruh masyarakat untuk menjaga dan menciantai laut dan mengenal lebih dekat Angkatan Laut.

Pelaksanaan kegiatan NBOD di Lanal Bandung meliputi pemeriksaan kesehatan dan stunting kepada warga sekitar Rumdis Hiu Macan.
 
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menyampaikan bahwa acara NBOD dilaksanakan secara serentak diseluruh Lantamal dan Lanal di Indonesia, dengan tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju,” acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan TNI AL dengan masyarakat.

Selain itu, acara NBOD juga menyelenggarakan penyuluhan mengenai stunting sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap kesehatan masyarakat. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah dalam upaya mengatasi masalah kesehatan anak di Indonesia. Acara ini tidak hanya menjadi ajang memperingati HUT TNI AL Ke-79, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan antara TNI AL dan masyarakat serta diharapkan dapat lebih memahami peran TNI AL dalam menjaga kedaulatan maritim serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhamad Ali mengatakan bahwa hari ini adalah momen sangat istimewa dimana kita mulai rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang Ke-79 sekaligus memperkuat tradisi silaturahmi dan kepedulian sosial kita melalui kegiatan Kirab Mobil kemudian acara Bakti Sosial dan Bhakti Kesehatan. Dalam kegiatan ini kita bisa menampilkan warisan sejarah dari TNI Angkatan Laut dan juga ini merupakan upaya TNI Angkatan Laut untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan manfaat nyata dan wujud nyata dalam bentuk acara Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan.

Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang ke-79 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk merefleksikan kembali tugas dan tanggung jawab kita sebagai prajurit Matra Laut kita senantiasa siap dan siaga dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara serta terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Kirab mobil antik pada hari ini bukan hanya sekedar sebuah parade semata melainkan simbol dari semangat dan dedikasi yang telah mengantar kuat dalam tubuh TNI Angkatan Laut. Pagelaran kendaraan bersejarah ini mengingatkan kita akan perjalanan panjang yang telah kita tempuh serta perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita yang telah menjaga kekuatan bangsa. Selain itu, acara Bakti Sosial yang kita laksanakan hari ini merupakan wujud nyata dari komitmen TNI Angkatan Laut untuk selalu hadir dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat serta upaya kita untuk terus memperkuat Kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat TNI khususnya TNI AL. 

(Pen Lanal Bandung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama